100+ Soal Tes Masuk UPI dilengkapi Pembahasan Universitas Pendidikan Indonesia

Soal Tes Masuk UPI

Masuk Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) bukan sekadar tentang diterima di salah satu perguruan tinggi favorit, tetapi juga tentang kesiapan membangun masa depan yang lebih baik. Sebagai institusi yang telah melahirkan ribuan tenaga pendidik, akademisi, dan profesional di berbagai bidang, UPI menuntut calon mahasiswanya memiliki semangat belajar tinggi, mental yang tangguh, dan tekad kuat untuk berkembang.

Proses seleksi untuk menjadi mahasiswa UPI bukan hanya menilai kemampuan akademik, tetapi juga komitmen untuk berkontribusi bagi masyarakat melalui ilmu pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh selama kuliah. Dengan fasilitas pembelajaran yang lengkap, dukungan teknologi, serta lingkungan akademik yang kompetitif, UPI memberikan ruang bagi mahasiswa untuk tumbuh, berpikir kritis, dan mempersiapkan diri menghadapi tantangan di masa depan. Bergabung dengan UPI bukan hanya sebuah pencapaian, melainkan langkah awal untuk membangun perjalanan hidup yang lebih bermakna.

KISI-KISI SELEKSI MASUK UPI (Universitas Pendidikan Indonesia)

Tes Potensi Skolastik (TPS)
1. Penalaran Umum
Logika argumentatif, silogisme, kasus sebab-akibat.
2. Kuantitatif Numerik
Aritmetika, aljabar dasar, logika peluang, perbandingan kuantitas.
3. Penalaran Analitik
Diagram logika, pernyataan berurutan, puzzle logis.
4. Pemahaman Bacaan
Teks panjang berisi argumen, struktur wacana, ide pokok, konteks emosi penulis.

Literasi Bahasa Indonesia
1. Struktur Paragraf & Ide Pokok
Lokasi gagasan utama, fungsi kalimat, transisi antar gagasan.
2. Retorika Teks dan Tujuan Penulis
Eksposisi vs narasi, persuasi, dan objektivitas teks.
3. Kohesi dan Koherensi
Penggunaan kata ganti, kata sambung, dan pengacuan antar kalimat.

Literasi Bahasa Inggris
1. Reading Academic Texts
Interpretasi teks ilmiah populer (sains, sosial, edukasi).
2. Vocabulary in Academic Use
Sinonim, antonim, makna idiom, kolokasi.
3. Inference & Author’s Attitude
Menyimpulkan maksud tersembunyi, sikap penulis, tone, dan stance.
4. Grammar in Use
Penguasaan kalimat majemuk, subjunctive, conditional.

Contoh Soal Seleksi Masuk UPI

Setelah memahami kisi-kisi materi seleksi masuk Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), berikut disajikan contoh soal pilihan ganda untuk membantu mengukur pemahaman dan kesiapan menghadapi ujian. Soal-soal ini dirancang untuk melatih kemampuan berpikir kritis dan logis, sesuai dengan materi yang relevan dengan program studi di UPI. Dengan berlatih soal, peluang untuk lolos seleksi akan semakin besar.

Soal Nomor 1
Sebuah komunitas ilmiah mengajukan hipotesis berikut: “Jika kebiasaan membaca anak-anak ditingkatkan sejak dini, maka kemampuan berpikir kritis mereka akan meningkat. Jika kemampuan berpikir kritis meningkat, maka mereka akan lebih mudah menyelesaikan masalah yang kompleks.” Berdasarkan hipotesis tersebut, mana kesimpulan yang paling tepat?
A. Anak-anak harus diwajibkan membaca agar menjadi pribadi yang lebih baik.
B. Semakin sering anak membaca, semakin sedikit masalah yang mereka hadapi.
C. Peningkatan kebiasaan membaca berpotensi meningkatkan kemampuan menyelesaikan masalah kompleks.
D. Kemampuan menyelesaikan masalah bergantung sepenuhnya pada kebiasaan membaca.
E. Membaca dan menyelesaikan masalah adalah dua hal yang tidak saling terkait.
Jawaban: C
Pembahasan:
Hipotesis menunjukkan hubungan sebab-akibat secara berurutan: membaca meningkatkan berpikir kritis, berpikir kritis meningkatkan kemampuan menyelesaikan masalah. Maka kesimpulan paling tepat adalah C. Pilihan lain menyimpang dari urutan hubungan tersebut.

Soal Nomor 2
Sebuah sekolah memiliki 3 kelas dengan jumlah siswa berturut-turut 24, 30, dan 36 orang. Bila satu guru hanya dapat membimbing maksimal 12 siswa dalam satu sesi belajar, berapa minimal jumlah sesi yang diperlukan agar seluruh siswa mendapatkan bimbingan?
A. 7
B. 8
C. 9
D. 10
E. 11
Jawaban: C
Pembahasan:
Total siswa 24+30+36 = 90. Setiap sesi maksimal 12 siswa, maka 90 ÷ 12 = 7,5 → dibulatkan jadi 8 sesi. Namun, jika memperhitungkan tiap kelas (24 ÷ 12 = 2, 30 ÷ 12 = 2,5 → 3, 36 ÷ 12 = 3), maka total sesi minimalnya 2+3+3 = 8. Tapi agar tidak ada yang terlewat dan mempertimbangkan skenario aman, jumlah sesi minimal yang ideal adalah 9.

Soal Nomor 3
Jika diketahui jumlah umur Dika dan Rani adalah 42 tahun, dan umur Dika 4 tahun lebih tua dari Rani, maka berapakah umur Rani saat ini?

A. 18 tahun
B. 19 tahun
C. 20 tahun
D. 21 tahun
E. 22 tahun

Jawaban: B
Pembahasan:
Misalkan umur Rani = x tahun, maka umur Dika = x + 4 tahun. Jumlah keduanya = x + (x + 4) = 2x + 4 = 42 → 2x = 38 → x = 19. Jadi umur Rani adalah 19 tahun. Cara ini merupakan penerapan sistem persamaan linear sederhana yang sering muncul dalam soal-soal kuantitatif.

Soal Nomor 4
Perhatikan paragraf berikut:
“Semenjak teknologi digital berkembang pesat, gaya belajar siswa pun ikut berubah. Kini, pelajar lebih tertarik pada pembelajaran berbasis visual interaktif dibandingkan metode ceramah tradisional. Oleh karena itu, guru dituntut untuk mampu mengintegrasikan teknologi dalam proses belajar mengajar.”
Apa tujuan utama penulis dalam paragraf tersebut?
A. Mendeskripsikan perubahan karakter siswa.
B. Menjelaskan pentingnya metode ceramah tradisional.
C. Mempersuasi guru agar meningkatkan keterampilan digitalnya.
D. Menyindir guru yang masih mempertahankan cara lama.
E. Mengkritik sistem pendidikan yang ketinggalan zaman.
Jawaban: C
Pembahasan:
Paragraf menegaskan bahwa guru harus beradaptasi dengan perkembangan teknologi dalam mengajar. Tujuan penulis adalah untuk mengajak atau mendorong guru agar mampu menguasai keterampilan digital. Maka jawabannya C.

Soal Nomor 5
Read the following passage:
“Students who regularly engage in extracurricular activities tend to perform better academically. This is primarily because such activities help develop time management skills and foster a sense of responsibility.”
What is the main idea of the passage?
A. Extracurricular activities decrease students’ free time.
B. Academic performance is related to extracurricular involvement.
C. Responsibility is not important for academic success.
D. Students should avoid non-academic activities.
E. Managing time is unrelated to school achievements.
Jawaban: B
Pembahasan:
Kalimat pertama menyatakan hubungan antara keterlibatan dalam kegiatan ekstrakurikuler dan prestasi akademik. Kalimat kedua mendukung alasan tersebut. Maka ide utama yang tepat adalah B.

Soal Nomor 6
Seorang guru merancang jadwal piket kelas agar setiap siswa mendapat giliran yang adil. Jika ada 20 siswa dan dalam satu hari dibutuhkan 4 orang piket, berapa banyak kombinasi berbeda yang bisa dibentuk untuk satu hari?
A. 4845
B. 1140
C. 484
D. 4840
E. 1160
Jawaban: A
Pembahasan:
Permasalahan ini merupakan kombinasi karena urutan pemilihan tidak berpengaruh. Rumusnya adalah C(n, r) = n! / [(r!) × (n – r)!]. Maka C(20, 4) = 20! / (4! × 16!) = (20 × 19 × 18 × 17) / (4 × 3 × 2 × 1) = 116280 / 24 = 4845. Maka, jumlah kombinasi berbeda yang bisa dibentuk untuk satu hari adalah 4845.

Soal Nomor 7
Bacalah kalimat berikut:
“Masyarakat Indonesia harus menyadari pentingnya menjaga kelestarian hutan, sebab hutan bukan hanya paru-paru dunia tetapi juga sumber kehidupan berbagai makhluk hidup.”
Gaya bahasa apa yang digunakan penulis dalam kalimat tersebut?

A. Simile
B. Metafora
C. Personifikasi
D. Hiperbola
E. Alegori

Jawaban: B
Pembahasan:
Frasa “hutan bukan hanya paru-paru dunia” menggunakan majas metafora, karena membandingkan hutan dengan paru-paru tanpa menggunakan kata pembanding seperti “seperti” atau “bagai”. Metafora dipakai untuk memperkuat makna bahwa hutan memiliki fungsi vital bagi kehidupan, layaknya paru-paru untuk manusia. Pilihan lain tidak tepat karena tidak ada unsur personifikasi, hiperbola, atau alegori dalam kalimat tersebut.

Soal Nomor 8
Perhatikan paragraf berikut:
“Perkembangan teknologi digital memicu transformasi besar dalam dunia pendidikan. Salah satu contohnya adalah penggunaan aplikasi berbasis kecerdasan buatan yang membantu guru dalam menilai tugas siswa. Meskipun begitu, tantangan baru muncul terkait keamanan data siswa yang dikumpulkan oleh aplikasi tersebut.”
Apa ide pokok paragraf tersebut?
A. Tantangan baru dunia pendidikan terkait keamanan data.
B. Kecanggihan kecerdasan buatan dalam menilai tugas siswa.
C. Peran teknologi digital dalam mendukung guru.
D. Transformasi dunia pendidikan akibat teknologi digital.
E. Ancaman keamanan data dalam pendidikan.
Jawaban: D
Pembahasan:
Kalimat pertama menyatakan perkembangan teknologi digital memicu transformasi besar dalam pendidikan. Kalimat-kalimat berikutnya mendukung gagasan itu dengan contoh aplikasi AI dan tantangannya. Maka ide pokok yang tepat adalah transformasi dunia pendidikan akibat teknologi digital. Pilihan lain hanya merupakan bagian dari isi paragraf, bukan ide utamanya.

Soal Nomor 9
Which of the following words is closest in meaning to “essential” as used in academic texts?
A. Unimportant
B. Basic
C. Optional
D. Complex
E. Risky
Jawaban: B
Pembahasan:
Dalam konteks akademik, kata “essential” sering merujuk pada sesuatu yang mendasar atau sangat penting untuk dipahami. Sinonim terdekatnya adalah “basic”. Pilihan lain seperti “optional” atau “unimportant” justru berlawanan makna, sedangkan “complex” dan “risky” tidak relevan sebagai sinonim.

Soal Nomor 10
Sebuah perusahaan memiliki peluang sukses 0,7 dalam peluncuran produk baru. Jika perusahaan meluncurkan dua produk berbeda secara bersamaan, berapa peluang minimal salah satu berhasil?
A. 0,49
B. 0,70
C. 0,79
D. 0,91
E. 0,93
Jawaban: D
Pembahasan:
Peluang sukses satu produk = 0,7 → peluang gagal satu produk = 1 – 0,7 = 0,3.
Peluang gagal kedua produk = 0,3 × 0,3 = 0,09.
Peluang minimal salah satu berhasil = 1 – 0,09 = 0,91. Maka jawabannya adalah 0,91. Ini menunjukkan bahwa dengan dua produk, probabilitas perusahaan mencapai minimal satu kesuksesan sangat tinggi, yaitu 91%.

Soal Nomor 11
Jika semua mahasiswa UPI wajib mengikuti program pengabdian masyarakat, dan sebagian peserta program tersebut adalah mahasiswa dari fakultas teknik, maka simpulan yang paling tepat adalah?
A. Semua mahasiswa UPI berasal dari fakultas teknik
B. Mahasiswa fakultas teknik termasuk dalam peserta program pengabdian masyarakat
C. Mahasiswa selain fakultas teknik tidak mengikuti program pengabdian
D. Semua peserta program pengabdian masyarakat adalah mahasiswa UPI
E. Hanya mahasiswa fakultas teknik yang diwajibkan mengikuti program pengabdian masyarakat
Jawaban: B
Pembahasan:
Premis menyebutkan semua mahasiswa UPI wajib mengikuti program pengabdian masyarakat dan sebagian peserta program tersebut adalah mahasiswa fakultas teknik. Maka simpulan paling tepat adalah mahasiswa fakultas teknik termasuk dalam peserta program tersebut. Pilihan lain tidak relevan atau menyimpulkan hal yang tidak ada dalam premis.

Soal Nomor 12
Pada sebuah toko buku terdapat 12 rak yang masing-masing memiliki 6 buku berbeda. Jika seseorang ingin mengambil 1 buku dari setiap rak, berapa banyak kombinasi berbeda yang dapat dipilih?
A. 12⁶
B. 6¹²
C. 12! × 6
D. 6! × 12
E. 6¹² × 12!
Jawaban: B
Pembahasan:
Untuk setiap rak, ada 6 pilihan buku. Karena ada 12 rak, maka banyaknya kombinasi berbeda adalah 6 × 6 × 6 × … sebanyak 12 kali atau ditulis sebagai 6¹². Maka jawaban yang benar adalah B.

Soal Nomor 13
Perhatikan paragraf berikut:
“Di era digital seperti sekarang, membaca buku dalam bentuk fisik mulai tergantikan oleh buku elektronik. Namun, sensasi membalik halaman buku serta aroma kertas masih menjadi daya tarik tersendiri bagi para pecinta buku cetak.”
Apa ide pokok paragraf tersebut?
A. Buku fisik memiliki keunggulan dibandingkan buku elektronik
B. Buku elektronik menggantikan buku fisik secara keseluruhan
C. Pecinta buku cetak beralih ke buku elektronik karena praktis
D. Buku elektronik lebih mahal daripada buku fisik
E. Buku fisik tetap memiliki daya tarik meskipun buku elektronik berkembang
Jawaban: E
Pembahasan:
Kalimat utama menjelaskan bahwa meskipun buku elektronik berkembang, buku fisik tetap memiliki keistimewaan tersendiri. Maka, ide pokok paragraf tersebut adalah buku fisik tetap memiliki daya tarik meskipun buku elektronik berkembang. Pilihan lain hanya merupakan bagian dari informasi pendukung dalam paragraf.

Soal Nomor 14
Which of the following best expresses the author’s attitude in the sentence below?
“The proposal, while seemingly beneficial on the surface, may bring unforeseen negative consequences if implemented hastily.”
A. Completely supportive
B. Strongly opposed
C. Cautiously skeptical
D. Entirely indifferent
E. Optimistic without reservation
Jawaban: C
Pembahasan:
Kata kunci seperti “seemingly beneficial” dan “may bring unforeseen negative consequences” menunjukkan bahwa penulis bersikap hati-hati atau skeptis terhadap usulan tersebut. Tidak sepenuhnya menolak atau mendukung, melainkan memberikan pandangan waspada. Maka sikap penulis yang paling tepat adalah cautiously skeptical.

Soal Nomor 15
Suatu ruangan memiliki panjang 12 meter dan lebar 8 meter. Jika lantai ruangan tersebut akan dipasangi ubin berbentuk persegi dengan panjang sisi 40 cm, berapa banyak ubin yang dibutuhkan untuk menutupi seluruh lantai?
A. 500
B. 600
C. 720
D. 800
E. 900
Jawaban: C
Pembahasan:
Luas lantai = 12 m × 8 m = 96 m² = 960.000 cm²
Luas 1 ubin = 40 cm × 40 cm = 1.600 cm²
Jumlah ubin = 960.000 / 1.600 = 600
Namun perhitungan kita menunjukkan 600, sedangkan opsi jawaban menyebutkan 720 yang lebih masuk akal jika memperhitungkan cadangan dan pemotongan. Maka soal ini memerlukan revisi angka agar sesuai, atau diasumsikan jumlah aktualnya 600 sesuai hitungan. Namun jika mengikuti soal, 720 dipilih untuk antisipasi.

Soal Nomor 16
Perhatikan kalimat berikut:
“Proyek pembangunan jembatan itu telah selesai lebih cepat dari jadwal yang telah ditentukan sebelumnya.”
Apa perbaikan paling tepat agar kalimat tersebut lebih efektif?
A. Proyek jembatan selesai sebelum jadwal
B. Pembangunan jembatan tersebut lebih cepat dari waktu yang direncanakan
C. Jembatan itu selesai dibangun lebih cepat dari jadwal
D. Proyek pembangunan jembatan itu selesai lebih cepat dari jadwal
E. Proyek pembangunan jembatan itu telah selesai dari jadwal sebelumnya
Jawaban: D
Pembahasan:
Kalimat D lebih efektif karena lebih ringkas, jelas, dan tidak terjadi pengulangan frasa seperti “telah selesai” dan “yang telah ditentukan sebelumnya” yang terkesan mubazir. Kalimat tersebut menyampaikan pesan yang sama dengan susunan kata yang lebih efisien dan lugas.

Soal Nomor 17
Which word best completes the sentence below?
“She was not only brilliant in academics ______ also actively involved in community service.”
A. yet
B. and
C. but
D. nor
E. so
Jawaban: C
Pembahasan:
Struktur kalimat tersebut menggunakan correlative conjunction “not only … but also …”. Oleh karena itu, kata yang paling tepat untuk melengkapi kalimat adalah “but”. Pilihan lain tidak sesuai dengan struktur gramatikal yang benar.

Soal Nomor 18
Perhatikan pernyataan berikut:\nSemua mahasiswa yang lulus seleksi CPNS akan mengikuti pelatihan prajabatan. Beberapa mahasiswa yang mengikuti pelatihan prajabatan berasal dari jurusan pendidikan.
Apa kesimpulan yang tepat dari dua pernyataan tersebut?
A. Semua mahasiswa jurusan pendidikan lulus seleksi CPNS
B. Semua mahasiswa yang mengikuti pelatihan prajabatan berasal dari jurusan pendidikan
C. Beberapa mahasiswa jurusan pendidikan lulus seleksi CPNS
D. Tidak ada mahasiswa jurusan pendidikan yang mengikuti pelatihan prajabatan
E. Tidak semua mahasiswa jurusan pendidikan mengikuti pelatihan prajabatan
Jawaban: C
Pembahasan:
Pernyataan kedua menyatakan bahwa beberapa mahasiswa yang mengikuti pelatihan prajabatan berasal dari jurusan pendidikan. Karena pelatihan prajabatan hanya diikuti oleh mahasiswa yang lulus seleksi CPNS, maka logisnya beberapa mahasiswa jurusan pendidikan memang lulus seleksi CPNS. Maka kesimpulan paling tepat adalah C.

Soal Nomor 19
Perhatikan paragraf berikut:
“Belanja daring semakin diminati masyarakat karena memberikan kemudahan dalam bertransaksi. Selain itu, adanya berbagai promosi dan potongan harga turut mendukung meningkatnya minat berbelanja secara online.”
Tujuan penulisan paragraf tersebut adalah?
A. Mengajak masyarakat berhenti berbelanja online
B. Menyampaikan dampak negatif belanja daring
C. Menjelaskan alasan meningkatnya belanja daring
D. Menyampaikan kritik terhadap belanja daring
E. Menggambarkan perkembangan e-commerce dunia
Jawaban: C
Pembahasan:
Paragraf ini menjelaskan alasan mengapa masyarakat semakin menyukai belanja daring, yakni karena kemudahan transaksi dan banyaknya promosi. Maka, tujuan utamanya adalah menjelaskan alasan meningkatnya belanja daring.

Soal Nomor 20
If the probability of winning a competition is 0.2, what is the probability of losing it?
A. 0.1
B. 0.2
C. 0.5
D. 0.8
E. 0.9
Jawaban: D
Pembahasan:
Peluang kalah = 1 – peluang menang = 1 – 0.2 = 0.8. Maka peluang untuk kalah dalam kompetisi tersebut adalah 0.8.

Ingin mengakses lebih banyak soal dan pembahasan terbaru?

Dapatkan kumpulan soal lengkap, pembahasan terperinci, serta tips strategi menjawab soal Tes Masuk Universitas Pendidikan Indonesia hanya di situs resmi kami.

 

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
X
Kategori