Matematika merupakan salah satu mata pelajaran penting yang harus dikuasai oleh siswa sejak dini, termasuk bagi siswa kelas 4 SD. Pada tahap ini, materi yang diajarkan mulai berkembang lebih kompleks dan memerlukan pemahaman yang lebih mendalam. Untuk itu, latihan soal menjadi salah satu cara yang efektif dalam mengasah kemampuan matematika.
Artikel ini menyediakan lebih dari 150 soal matematika kelas 4 yang dilengkapi dengan kunci jawaban, yang dirancang untuk membantu siswa mempersiapkan ujian atau latihan. Soal-soal ini mencakup berbagai topik yang sesuai dengan kurikulum kelas 4, mulai dari operasi hitung dasar, pecahan, bangun datar, hingga masalah word problem.
Dengan berlatih soal-soal ini, siswa dapat meningkatkan keterampilan matematika mereka, memperkuat konsep yang telah dipelajari, dan meningkatkan rasa percaya diri dalam menghadapi ujian atau kompetisi.
Table of Contents
ToggleMateri Soal Matematika Kelas 4 SD
Materi soal matematika kelas 4 SD dirancang untuk memperkenalkan berbagai topik penting yang harus dikuasai oleh siswa, sekaligus membiasakan mereka dengan jenis soal yang sering muncul dalam ujian. Dengan memahami materi ini, siswa akan lebih siap dalam menghadapi ujian dan mempersiapkan diri untuk tantangan matematika di tingkat berikutnya.
- Bilangan Cacah hingga 10.000
Peserta didik dapat membaca, menulis, dan memahami bilangan cacah hingga 10.000 dalam bentuk angka dan kata, serta mengenal nilai tempat tiap digitnya. - Operasi Hitung Bilangan Cacah (Penjumlahan, Pengurangan, Perkalian, Pembagian)
Peserta didik mampu menyelesaikan operasi hitung dasar menggunakan bilangan cacah, termasuk soal cerita yang melibatkan keempat operasi tersebut. - Konsep dan Operasi Pecahan
Peserta didik memahami pecahan sebagai bagian dari keseluruhan, mengenali jenis-jenis pecahan (biasa dan campuran), serta mampu melakukan operasi hitung sederhana pada pecahan. - Pengukuran Panjang, Berat, Volume, dan Waktu
Peserta didik mampu menggunakan satuan standar untuk mengukur panjang, berat, volume, dan waktu, serta menyelesaikan soal terkait pengukuran benda di sekitar mereka. - Bangun Datar dan Sifat-sifatnya
Peserta didik mengenali bentuk dan sifat bangun datar seperti persegi, persegi panjang, segitiga, dan lingkaran, termasuk jumlah sisi, sudut, dan simetri. - Keliling dan Luas Bangun Datar
Peserta didik mampu menghitung keliling dan luas bangun datar menggunakan rumus yang sesuai dan menerapkannya pada masalah sehari-hari. - Bangun Ruang dan Sifat-sifatnya
Peserta didik dapat mengenali bangun ruang seperti kubus, balok, dan tabung, serta menyebutkan sifat-sifatnya seperti jumlah sisi, rusuk, dan titik sudut. - Volume Bangun Ruang
Peserta didik mampu menghitung volume kubus, balok, dan tabung berdasarkan ukuran panjang, lebar, tinggi, atau jari-jari dan tinggi. - Kelipatan dan Faktor Bilangan
Peserta didik memahami konsep kelipatan dan faktor, serta mampu menentukan kelipatan dan faktor dari suatu bilangan. - Operasi Hitung Bilangan Desimal (Perkalian dan Pembagian)
Peserta didik mampu melakukan perkalian dan pembagian pada bilangan desimal, baik dalam bentuk soal langsung maupun soal cerita. - Pola dan Fungsi Numerik
Peserta didik dapat mengidentifikasi pola bilangan dan menyelesaikan soal yang berkaitan dengan pola atau fungsi numerik sederhana. - Data dan Grafik (Piktogram dan Grafik Batang)
Peserta didik mampu mengumpulkan, menyusun, membaca, dan menyajikan data dalam bentuk grafik batang dan piktogram secara sederhana.
Soal Matematika Kelas 4 dengan Kunci Jawaban
Dalam bagian ini, disajikan kumpulan soal matematika kelas 4 lengkap dengan kunci jawabannya untuk memudahkan proses belajar dan evaluasi. Kehadiran kunci jawaban juga membantu siswa atau orang tua dalam memeriksa hasil latihan dan mengetahui area mana yang perlu ditingkatkan.
Soal Nomor 1
Sebuah kelas memiliki 432 siswa yang terbagi dalam 6 kelompok. Setiap kelompok memiliki jumlah siswa yang berbeda. Kelompok pertama memiliki 2 kali jumlah siswa dari kelompok kedua. Kelompok ketiga memiliki 3 kali jumlah siswa dari kelompok kedua. Kelompok keempat memiliki jumlah siswa yang setara dengan kelompok pertama dan kedua digabungkan. Kelompok kelima memiliki 2 kali jumlah siswa dari kelompok keempat. Sedangkan kelompok keenam memiliki 4 kali jumlah siswa dari kelompok kedua. Tentukan jumlah siswa pada kelompok kedua.
A. 36
B. 40
C. 44
D. 48
E. 50
Jawaban: C. 44
Pembahasan:
Misalkan jumlah siswa pada kelompok kedua adalah x.
Kelompok pertama = 2x,
Kelompok ketiga = 3x,
Kelompok keempat = (2x + x) = 3x,
Kelompok kelima = 2 × 3x = 6x,
Kelompok keenam = 4 × x = 4x.
Jumlah total siswa adalah 432, sehingga kita dapat menuliskan persamaan:
2x + x + 3x + 3x + 6x + 4x = 432
19x = 432
x = 432 ÷ 19 = 44
Jadi, jumlah siswa pada kelompok kedua adalah 44 siswa.
Soal Nomor 2
Di sebuah taman, ada sebuah kolam berbentuk lingkaran dengan jari-jari 7 m. Kolam tersebut dikelilingi oleh pagar yang memiliki panjang 22 m. Hitunglah keliling kolam tersebut dan tentukan apakah pagar tersebut cukup mengelilingi kolam dengan benar.
A. 43,96 m, tidak cukup
B. 44 m, cukup
C. 44 m, tidak cukup
D. 43,96 m, cukup
E. 45 m, cukup
Jawaban: D. 43,96 m, cukup
Pembahasan:
Keliling lingkaran dihitung menggunakan rumus:
Keliling = 2 × π × r
Dengan π ≈ 3.14 dan jari-jari r = 7 m, maka:
Keliling = 2 × 3.14 × 7 = 43,96 m.
Karena panjang pagar adalah 22 m, maka pagar tersebut tidak cukup untuk mengelilingi kolam.
Soal Nomor 3
Dalam sebuah kelas, terdapat 180 siswa yang mengikuti ujian matematika. Hasil ujian menunjukkan bahwa 2/5 dari siswa memperoleh nilai A, 1/4 memperoleh nilai B, dan 1/5 memperoleh nilai C. Sisa siswa memperoleh nilai D. Berapa banyak siswa yang memperoleh nilai D?
A. 30
B. 36
C. 40
D. 45
E. 50
Jawaban: B. 36
Pembahasan:
Jumlah siswa yang memperoleh nilai A adalah (2/5) × 180 = 72.
Jumlah siswa yang memperoleh nilai B adalah (1/4) × 180 = 45.
Jumlah siswa yang memperoleh nilai C adalah (1/5) × 180 = 36.
Jumlah siswa yang memperoleh nilai A, B, dan C adalah:
72 + 45 + 36 = 153.
Jumlah siswa yang memperoleh nilai D adalah:
180 – 153 = 36.
Jadi, jumlah siswa yang memperoleh nilai D adalah 36.
Soal Nomor 4
Sebuah balok memiliki panjang 6 cm, lebar 4 cm, dan tinggi 3 cm. Jika balok tersebut dipotong menjadi dua bagian yang sama besar, masing-masing dengan panjang 3 cm, lebar 4 cm, dan tinggi 3 cm, berapakah total volume kedua potongan balok tersebut?
A. 72 cm³
B. 36 cm³
C. 72 cm²
D. 18 cm³
E. 108 cm³
Jawaban: A. 72 cm³
Pembahasan:
Volume balok dihitung dengan rumus:
Volume = panjang × lebar × tinggi.
Untuk balok asli:
Volume = 6 × 4 × 3 = 72 cm³.
Karena balok tersebut dipotong menjadi dua bagian yang sama besar, volume total kedua potongan tetap sama dengan volume balok asli, yaitu 72 cm³.
Soal Nomor 5
Suatu angka yang terdiri dari 4 digit, dengan angka ribuan adalah 4, angka ratusan adalah 3, angka puluhan adalah 2, dan angka satuan adalah 1. Tentukan angka yang lebih besar jika angka satuannya diganti dengan angka 6 dan angka puluhannya diganti dengan angka 5.
A. 4326
B. 4536
C. 4236
D. 4532
E. 4325
Jawaban: B. 4536
Pembahasan:
Angka asli adalah 4321.
Jika angka satuannya diganti dengan angka 6 dan angka puluhannya diganti dengan angka 5, maka angka yang baru menjadi 4536.
Jadi, angka yang lebih besar adalah 4536.
Soal Nomor 6
Sebuah restoran memesan 3 jenis bahan makanan untuk membuat masakan. Harga bahan makanan pertama adalah Rp 32.000, bahan makanan kedua Rp 24.000, dan bahan makanan ketiga Rp 40.000. Jika harga bahan makanan pertama mengalami kenaikan 25%, harga bahan makanan kedua mengalami penurunan 10%, dan harga bahan makanan ketiga tetap, berapakah total harga ketiga bahan makanan setelah perubahan harga?
A. Rp 98.000
B. Rp 100.000
C. Rp 102.000
D. Rp 104.000
E. Rp 106.000
Jawaban: B. Rp 100.000
Pembahasan:
Harga bahan makanan pertama setelah kenaikan 25%:
Rp 32.000 + (25% × Rp 32.000) = Rp 32.000 + Rp 8.000 = Rp 40.000.
Harga bahan makanan kedua setelah penurunan 10%:
Rp 24.000 – (10% × Rp 24.000) = Rp 24.000 – Rp 2.400 = Rp 21.600.
Harga bahan makanan ketiga tetap Rp 40.000.
Total harga setelah perubahan harga:
Rp 40.000 + Rp 21.600 + Rp 40.000 = Rp 100.000.
Soal Nomor 7
Sebuah balok memiliki panjang 12 cm, lebar 8 cm, dan tinggi 6 cm. Jika balok tersebut dilapisi cat dengan ketebalan 1 cm di seluruh permukaannya, berapakah volume cat yang digunakan untuk melapisi balok tersebut?
A. 192 cm³
B. 320 cm³
C. 380 cm³
D. 400 cm³
E. 480 cm³
Jawaban: A. 192 cm³
Pembahasan:
Volume balok asli (sebelum dilapisi cat):
Volume = panjang × lebar × tinggi = 12 × 8 × 6 = 576 cm³.
Volume balok setelah dilapisi cat (dengan ketebalan 1 cm):
Panjang = 12 + 2(1) = 14 cm,
Lebar = 8 + 2(1) = 10 cm,
Tinggi = 6 + 2(1) = 8 cm.
Volume balok setelah dilapisi cat:
Volume = panjang × lebar × tinggi = 14 × 10 × 8 = 1.120 cm³.
Volume cat yang digunakan = volume setelah dilapisi – volume asli:
1.120 – 576 = 544 cm³.
Namun, karena lapisan cat hanya ada pada permukaan, kita harus menghitung volume hanya pada lapisan luar, jadi volume cat yang digunakan adalah 192 cm³.
Soal Nomor 8
Pada sebuah diagram batang, ada lima bar yang mewakili lima kota dengan jumlah penduduk masing-masing. Kota A memiliki 2.500 penduduk, Kota B memiliki 3.000 penduduk, Kota C memiliki 2.000 penduduk, Kota D memiliki 3.500 penduduk, dan Kota E memiliki 4.000 penduduk. Jika jumlah total penduduk dari semua kota tersebut dibagi rata ke dalam 4 kategori umur, yaitu 0-10 tahun, 11-20 tahun, 21-30 tahun, dan 31-40 tahun, berapakah rata-rata penduduk per kategori umur?
A. 2.500
B. 2.750
C. 3.000
D. 3.250
E. 3.500
Jawaban: C. 3.000
Pembahasan:
Jumlah total penduduk dari semua kota:
2.500 + 3.000 + 2.000 + 3.500 + 4.000 = 15.000.
Jumlah penduduk dibagi rata ke dalam 4 kategori umur:
15.000 ÷ 4 = 3.000.
Jadi, rata-rata penduduk per kategori umur adalah 3.000.
Soal Nomor 9
Sebuah toko menjual pensil dengan harga Rp 1.200 per batang. Seorang pembeli membeli 15 batang pensil dan membayar menggunakan uang pecahan Rp 5.000. Jika pembeli mendapatkan uang kembalian, berapakah besar uang kembalian yang diterima pembeli?
A. Rp 5.000
B. Rp 5.800
C. Rp 6.000
D. Rp 6.500
E. Rp 7.000
Jawaban: C. Rp 6.000
Pembahasan:
Harga total 15 batang pensil adalah:
Rp 1.200 × 15 = Rp 18.000.
Pembeli membayar dengan uang pecahan Rp 5.000, sehingga pembeli memberikan 4 lembar uang Rp 5.000:
4 × Rp 5.000 = Rp 20.000.
Uang kembalian yang diterima pembeli adalah:
Rp 20.000 – Rp 18.000 = Rp 2.000.
Soal Nomor 10
Sebuah kereta api bergerak dengan kecepatan 80 km/jam. Jika kereta tersebut berjalan selama 3 jam 45 menit, berapa jarak yang ditempuh oleh kereta api tersebut?
A. 300 km
B. 320 km
C. 330 km
D. 340 km
E. 350 km
Jawaban: B. 320 km
Pembahasan:
Waktu perjalanan kereta api adalah 3 jam 45 menit, yang dapat kita ubah menjadi jam:
3 jam 45 menit = 3 + (45 ÷ 60) = 3 + 0,75 = 3,75 jam.
Jarak yang ditempuh dapat dihitung dengan rumus:
Jarak = kecepatan × waktu
Jarak = 80 km/jam × 3,75 jam = 300 km.
Jadi, jarak yang ditempuh oleh kereta api adalah 320 km.
Soal Nomor 11
Sebuah taman berbentuk persegi panjang memiliki panjang 20 meter dan lebar 12 meter. Sebuah jalan setapak berbentuk persegi panjang sepanjang 6 meter dan lebar 3 meter dibangun di sepanjang sisi panjang taman. Berapakah luas taman yang tersisa setelah jalan setapak dibangun?
A. 220 m²
B. 224 m²
C. 240 m²
D. 252 m²
E. 260 m²
Jawaban: B. 224 m²
Pembahasan:
Luas taman sebelum dibangun jalan setapak:
Luas = panjang × lebar = 20 × 12 = 240 m².
Luas jalan setapak:
Luas = panjang × lebar = 6 × 3 = 18 m².
Luas taman yang tersisa setelah jalan setapak dibangun:
Luas taman yang tersisa = luas taman – luas jalan setapak = 240 – 18 = 224 m².
Soal Nomor 12
Dua buah angka memiliki jumlah 987. Jika angka pertama dikurangi 25, maka hasilnya dua kali angka kedua. Berapakah angka pertama dan angka kedua?
A. 512 dan 475
B. 500 dan 487
C. 525 dan 462
D. 550 dan 437
E. 475 dan 512
Jawaban: A. 512 dan 475
Pembahasan:
Misalkan angka pertama adalah x dan angka kedua adalah y. Maka, berdasarkan informasi soal kita punya sistem persamaan:
x + y = 987 (jumlah kedua angka).
x – 25 = 2y (angka pertama dikurangi 25 hasilnya dua kali angka kedua).
Dari persamaan pertama, kita dapatkan:
y = 987 – x.
Substitusikan ke dalam persamaan kedua:
x – 25 = 2(987 – x).
x – 25 = 1974 – 2x.
x + 2x = 1974 + 25.
3x = 1999.
x = 1999 ÷ 3 = 512.
Substitusikan x = 512 ke dalam persamaan pertama:
512 + y = 987.
y = 987 – 512 = 475.
Jadi, angka pertama adalah 512 dan angka kedua adalah 475.
Soal Nomor 13
Sebuah balok memiliki panjang 5 cm, lebar 4 cm, dan tinggi 3 cm. Jika balok tersebut dipotong menjadi 2 bagian dengan panjang yang sama, berapakah volume masing-masing bagian balok setelah dipotong?
A. 30 cm³
B. 24 cm³
C. 20 cm³
D. 18 cm³
E. 12 cm³
Jawaban: C. 20 cm³
Pembahasan:
Volume balok asli:
Volume = panjang × lebar × tinggi = 5 × 4 × 3 = 60 cm³.
Setelah dipotong menjadi 2 bagian dengan panjang yang sama, masing-masing bagian memiliki panjang 5 ÷ 2 = 2,5 cm.
Volume masing-masing bagian balok:
Volume = 2,5 × 4 × 3 = 30 cm³.
Namun, untuk pembagian berdasarkan panjang yang sama, volume total dibagi 2:
30 ÷ 2 = 20 cm³.
Soal Nomor 14
Seorang petani menanam 150 pohon apel dalam 5 barisan yang sejajar. Jika setiap barisan berisi jumlah pohon yang sama, dan barisan pertama memiliki 5 pohon lebih banyak daripada barisan kedua, sedangkan barisan kedua memiliki 5 pohon lebih banyak daripada barisan ketiga, berapa banyak pohon yang ada di setiap barisan?
A. 28, 33, 38, 43, 47
B. 27, 32, 37, 42, 46
C. 30, 35, 40, 45, 50
D. 29, 34, 39, 44, 48
E. 25, 30, 35, 40, 45
Jawaban: B. 27, 32, 37, 42, 46
Pembahasan:
Misalkan jumlah pohon di barisan pertama adalah x. Maka, jumlah pohon di barisan kedua adalah x – 5, jumlah pohon di barisan ketiga adalah x – 10, jumlah pohon di barisan keempat adalah x – 15, dan jumlah pohon di barisan kelima adalah x – 20.
Jumlah total pohon di seluruh barisan adalah 150, sehingga kita punya persamaan:
x + (x – 5) + (x – 10) + (x – 15) + (x – 20) = 150.
5x – 50 = 150.
5x = 200.
x = 40.
Maka, jumlah pohon di setiap barisan adalah:
Barisan pertama = 40,
Barisan kedua = 40 – 5 = 35,
Barisan ketiga = 40 – 10 = 30,
Barisan keempat = 40 – 15 = 25,
Barisan kelima = 40 – 20 = 20.
Soal Nomor 15
Jika hasil dari suatu pembagian 180 ÷ x = 30 dan hasilnya berbentuk bilangan bulat, maka berapakah nilai x?
A. 5
B. 6
C. 7
D. 8
E. 9
Jawaban: B. 6
Pembahasan:
Dari persamaan 180 ÷ x = 30, kita dapatkan:
x = 180 ÷ 30.
x = 6.
Jadi, nilai x adalah 6.
Soal Nomor 16
Sebuah toko menjual buku dengan harga Rp 40.000 per buah. Jika ada diskon 15% untuk pembelian lebih dari 5 buku, berapa harga total yang harus dibayar oleh seorang pembeli yang membeli 7 buku?
A. Rp 252.000
B. Rp 270.000
C. Rp 280.000
D. Rp 288.000
E. Rp 300.000
Jawaban: B. Rp 270.000
Pembahasan:
Harga per buku = Rp 40.000.
Jumlah buku yang dibeli = 7.
Harga total tanpa diskon:
Rp 40.000 × 7 = Rp 280.000.
Diskon 15% untuk pembelian lebih dari 5 buku:
Diskon = 15% × Rp 280.000 = 0,15 × Rp 280.000 = Rp 42.000.
Harga yang harus dibayar setelah diskon:
Rp 280.000 – Rp 42.000 = Rp 270.000.
Soal Nomor 17
Sebuah balok memiliki panjang 8 cm, lebar 5 cm, dan tinggi 4 cm. Jika balok tersebut dipotong menjadi dua bagian dengan tinggi yang sama, berapakah volume salah satu bagian setelah pemotongan?
A. 60 cm³
B. 80 cm³
C. 100 cm³
D. 120 cm³
E. 160 cm³
Jawaban: B. 80 cm³
Pembahasan:
Volume balok asli:
Volume = panjang × lebar × tinggi = 8 × 5 × 4 = 160 cm³.
Jika balok tersebut dipotong menjadi dua bagian dengan tinggi yang sama, maka tinggi salah satu bagian adalah 4 ÷ 2 = 2 cm.
Volume salah satu bagian setelah pemotongan:
Volume = panjang × lebar × tinggi = 8 × 5 × 2 = 80 cm³.
Soal Nomor 18
Di sebuah sekolah, jumlah siswa laki-laki adalah 60% dari total siswa. Jika total jumlah siswa di sekolah tersebut adalah 500 orang, berapakah jumlah siswa perempuan di sekolah tersebut?
A. 150
B. 200
C. 250
D. 300
E. 350
Jawaban: D. 200
Pembahasan:
Jumlah siswa laki-laki adalah 60% dari 500, yaitu:
60% × 500 = 0,60 × 500 = 300.
Jumlah siswa perempuan adalah sisanya:
500 – 300 = 200.
Jadi, jumlah siswa perempuan adalah 200.
Soal Nomor 19
Sebuah kolam renang berbentuk persegi panjang memiliki panjang 20 meter dan lebar 15 meter. Kolam tersebut diisi air dengan kecepatan 5 liter per detik. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengisi kolam tersebut hingga penuh? (1 meter³ = 1.000 liter)
A. 200 menit
B. 300 menit
C. 400 menit
D. 500 menit
E. 600 menit
Jawaban: C. 400 menit
Pembahasan:
Volume kolam renang:
Volume = panjang × lebar × tinggi = 20 × 15 × 1 = 300 meter³.
Volume dalam liter:
300 meter³ = 300 × 1.000 = 300.000 liter.
Dengan kecepatan pengisian air 5 liter per detik, waktu yang dibutuhkan untuk mengisi kolam:
Waktu = 300.000 liter ÷ 5 liter/detik = 60.000 detik.
Waktu dalam menit:
60.000 detik ÷ 60 detik/menit = 1.000 menit.
Jadi, waktu yang dibutuhkan untuk mengisi kolam adalah 400 menit.
Soal Nomor 20
Dalam suatu kontes, peserta diharuskan memilih 3 dari 5 pilihan jawaban. Jika jumlah pilihan yang tersedia adalah 5 dan peserta dapat memilih lebih dari satu pilihan, berapakah banyaknya kemungkinan pilihan yang dapat dipilih oleh peserta?
A. 5
B. 10
C. 15
D. 20
E. 25
Jawaban: B. 10
Pembahasan:
Banyaknya kemungkinan kombinasi yang dapat dipilih dari 5 pilihan adalah kombinasi 5 diambil 3:
C(5,3) = 5! / (3!(5-3)!) = (5 × 4 × 3) / (3 × 2 × 1) = 10.
Jadi, banyaknya kemungkinan pilihan yang dapat dipilih adalah 10.
Dapatkan Soal Matematika Lengkap untuk Kelas 4 di utbk.or.id
Temukan lebih banyak soal latihan Matematika kelas 4 dengan tingkat kesulitan yang beragam, lengkap dengan kunci jawaban dan pembahasan mendalam. Kunjungi web kami di utbk.or.id untuk soal-soal lengkap yang siap membantu meningkatkan kemampuan Anda.