150+ Soal Tes Masuk Universitas Padjadjaran (UNPAD) beserta Kisi-Kisi dan Pembahasan

150+ Soal Tes Masuk Universitas Padjadjaran (UNPAD) beserta Kisi-Kisi dan Pembahasan

Universitas Padjadjaran (UNPAD) merupakan salah satu universitas negeri bergengsi di Indonesia yang berlokasi di Bandung, Jawa Barat. Dengan reputasi yang kuat dalam bidang akademik, riset, dan pengabdian masyarakat, UNPAD selalu menjadi incaran utama bagi para calon mahasiswa dari berbagai daerah. Persaingan masuk ke UNPAD cukup ketat, sehingga diperlukan persiapan yang serius dan terarah. 

Untuk membantumu menghadapi ujian seleksi, berikut 150 soal tes masuk Universitas Padjadjaran lengkap dengan kisi-kisi dan pembahasannya.

Kisi-Kisi Soal Tes Masuk Universitas Padjadjaran (UNPAD)

Kisi-Kisi Soal Tes Masuk Universitas Padjadjaran (UNPAD)

Sebelum mengikuti tes masuk Universitas Padjadjaran (UNPAD), penting untuk memahami materi dan jenis soal yang biasanya diujikan. Mengetahui kisi-kisi soal akan membantu kamu fokus belajar pada topik yang tepat dan meningkatkan peluang lulus seleksi. Berikut ini daftar kisi-kisi soal yang perlu kamu pelajari untuk menghadapi ujian masuk UNPAD.

  • Menarik Kesimpulan Logis dari Teks
    Menguji kemampuan menyusun simpulan yang valid berdasarkan dua atau lebih premis atau fakta yang diberikan secara eksplisit dalam teks.
  • Menilai Validitas Pernyataan
    Peserta diminta mengevaluasi apakah suatu pernyataan benar, salah, atau tidak bisa disimpulkan berdasarkan informasi yang ada.
  • Mengidentifikasi Pola dari Data atau Peristiwa
    Diuji melalui soal pola bilangan, grafik, atau deret logis yang memerlukan generalisasi dari kasus spesifik.
  • Menyimpulkan dari Contoh-Contoh
    Peserta harus menemukan kesamaan antar beberapa pernyataan untuk menyimpulkan suatu hukum atau kecenderungan umum.
  • Analisis Argumen Berbasis Premis
    Soal mengandung dua hingga tiga premis, dan peserta harus menentukan apakah kesimpulannya logis dan sah menurut kaidah logika formal.
  • Validitas Logika Formal
    Menguji pemahaman peserta terhadap struktur argumen logis dan keterkaitannya.
  • Hubungan Kata atau Konsep Sejajar
    Menilai kemampuan peserta melihat pola kesamaan hubungan antara dua pasang konsep atau benda (contoh: burung : terbang = ikan : ?).
  • Konsistensi Relasi Logis
    Menemukan relasi antar kata yang memiliki pola makna, fungsi, atau kategori tertentu.
  • Sebab-Akibat dari Informasi Tertentu
    Peserta harus menentukan penyebab atau akibat logis dari suatu kejadian atau pernyataan.
  • Prediksi Logis Berdasarkan Fakta
    Menganalisis konsekuensi yang mungkin terjadi dari suatu situasi.
  • Ide Pokok Paragraf
    Soal menguji pemahaman terhadap inti dari sebuah paragraf atau teks panjang.
  • Rangkuman Teks
    Meminta peserta menyusun ringkasan efektif tanpa mengubah makna utama teks.
  • Inferensi dari Informasi Tidak Eksplisit
    Peserta menyimpulkan hal-hal yang tidak tertulis langsung, tapi tersirat dalam teks.Susunan Kalimat Logis
    Soal menyajikan kalimat acak yang harus disusun menjadi paragraf koheren.
  • Hubungan Kalimat dan Transisi
    Menguji pemahaman penggunaan kata penghubung atau penanda logis dalam struktur teks.
  • Pemahaman Teks Naratif dan Informasional
    Peserta membaca teks dalam bahasa Inggris dan menjawab soal berdasarkan ide pokok, detail, serta makna keseluruhan.
  • Analisis Validitas Informasi
    Menentukan pernyataan berdasarkan objektivitas dan data (fakta), dibandingkan opini pribadi atau asumsi.
  • Statistik Dasar (Mean, Median, Modus)
    Menyusun dan menghitung data berdasarkan kelompok nilai.
  • Peluang Kejadian Sederhana
    Menentukan probabilitas dari satu atau dua kejadian menggunakan aturan peluang dasar.
  • Perbandingan Trigonometri Dasar
    Menyelesaikan masalah sudut dengan sinus, cosinus, tangen.
  • Grafik Fungsi Trigonometri
    Mengenali bentuk grafik dan transformasi fungsi trigonometri.
  • Operasi Himpunan dan Diagram Venn
    Menggunakan prinsip inklusi-eksklusi dan visualisasi data himpunan.

Contoh Soal Tes Masuk Universitas Padjadjaran (UNPAD)

Contoh Soal Tes Masuk Universitas Padjadjaran (UNPAD)

Memahami pola dan jenis soal yang keluar dalam tes masuk Universitas Padjadjaran sangat membantu dalam proses belajar dan persiapan. Dengan sering berlatih soal, kamu bisa lebih percaya diri dan siap menghadapi berbagai tantangan dalam ujian. Berikut beberapa contoh soal yang biasa muncul dalam seleksi masuk UNPAD untuk kamu pelajari.

Soal Nomor 1
Diberikan dua premis berikut:
Premis 1: Semua mahasiswa Fakultas Teknik mengikuti pelatihan pemrograman.
Premis 2: Ani adalah mahasiswa Fakultas Teknik.
Berdasarkan kedua premis tersebut, manakah pernyataan yang benar?

  1. Ani mengikuti pelatihan pemrograman.
    B. Ani tidak mengikuti pelatihan pemrograman.
    C. Ani belum tentu mengikuti pelatihan pemrograman.
    D. Semua mahasiswa tidak mengikuti pelatihan pemrograman.
    E. Tidak ada mahasiswa Fakultas Teknik yang mengikuti pelatihan.

Jawaban: A

Pembahasan:
Karena semua mahasiswa Fakultas Teknik mengikuti pelatihan, dan Ani adalah mahasiswa Fakultas Teknik, maka Ani pasti mengikuti pelatihan. Ini adalah bentuk silogisme sederhana yang valid.

Soal Nomor 2
Perhatikan data deret angka berikut: 2, 6, 12, 20, 30, …
Berapakah angka berikutnya yang sesuai pola?

A. 40
B. 42
C. 46
D. 56
E. 60

Jawaban: B

Pembahasan:
Perhatikan pola kenaikan:
6 – 2 = 4
12 – 6 = 6
20 – 12 = 8
30 – 20 = 10
Penambahan beda bertambah 2 setiap langkah (4,6,8,10,…)
Berarti selanjutnya 10 + 2 = 12
Jadi angka berikutnya: 30 + 12 = 42

Soal Nomor 3
Dalam sebuah paragraf panjang, penulis menyampaikan bahwa “Kebijakan pengurangan emisi karbon sangat penting untuk mengurangi dampak perubahan iklim global.” Pernyataan manakah yang paling tepat sebagai ide pokok paragraf tersebut?

A. Dampak perubahan iklim global sangat kecil.
B. Kebijakan pengurangan emisi karbon penting untuk mitigasi perubahan iklim.
C. Emisi karbon tidak berpengaruh terhadap perubahan iklim.
D. Perubahan iklim global tidak bisa dikendalikan.
E. Kebijakan tidak ada hubungannya dengan perubahan iklim.

Jawaban: B

Pembahasan:

Ide pokok adalah inti kalimat utama, yang di sini menyatakan pentingnya kebijakan pengurangan emisi karbon untuk mengurangi dampak perubahan iklim.

Soal Nomor 4
Sebuah kantong berisi 5 bola merah dan 3 bola biru. Jika diambil satu bola secara acak, berapakah peluang untuk mendapatkan bola merah?

A. 1/8
B. 3/8
C. 5/8
D. 3/5
E. 5/3

Jawaban: C

Pembahasan:
Total bola = 5 + 3 = 8
Peluang mendapatkan bola merah = jumlah bola merah / total bola = 5/8.

Soal Nomor 5
Diberikan kalimat acak berikut yang harus disusun menjadi paragraf yang koheren dan logis:

  1. Oleh karena itu, penting untuk mengelola sampah dengan baik agar lingkungan tetap bersih.
  2. Sampah yang tidak dikelola dengan benar dapat menyebabkan pencemaran lingkungan.
  3. Pencemaran lingkungan berdampak buruk pada kesehatan manusia dan ekosistem.
  4. Pengelolaan sampah merupakan bagian dari upaya pelestarian lingkungan hidup.

Susunan paragraf yang tepat adalah:

A. 2 – 3 – 4 – 1
B. 3 – 2 – 4 – 1
C. 4 – 3 – 2 – 1
D. 1 – 2 – 3 – 4
E. 3 – 4 – 1 – 2

Jawaban: A

Pembahasan:
Paragraf dimulai dengan penyataan masalah (2), dampaknya (3), solusi (4), dan diakhiri dengan kesimpulan/penegasan (1).

Soal Nomor 6

Dua premis berikut disajikan:
Premis 1: Semua dosen yang memiliki sertifikat internasional mengajar mata kuliah lanjutan.
Premis 2: Pak Budi mengajar mata kuliah lanjutan.
Manakah kesimpulan yang paling tepat?

A. Pak Budi memiliki sertifikat internasional.
B. Pak Budi tidak memiliki sertifikat internasional.
C. Pak Budi mungkin memiliki sertifikat internasional.
D. Semua dosen yang mengajar mata kuliah lanjutan pasti memiliki sertifikat internasional.
E. Pak Budi bukan dosen.

Jawaban: C

Pembahasan:
Premis hanya mengatakan semua dosen dengan sertifikat mengajar mata kuliah lanjutan, tetapi tidak mengatakan semua yang mengajar mata kuliah lanjutan harus memiliki sertifikat. Jadi, Pak Budi mungkin memiliki sertifikat, tapi belum tentu.

Soal Nomor 7
Perhatikan grafik kenaikan pendapatan sebuah perusahaan dari tahun 2019 hingga 2023:
2019: 50 juta
2020: 70 juta
2021: 98 juta
2022: 137 juta
2023: ?

Berdasarkan pola kenaikan tersebut, berapakah pendapatan tahun 2023?

A. 180 juta
B. 193 juta
C. 195 juta
D. 210 juta
E. 220 juta

Jawaban: C

Pembahasan:
Pola kenaikan adalah hampir setiap tahun naik sekitar 40% dari tahun sebelumnya:
2020 = 50 x 1,4 = 70
2021 = 70 x 1,4 = 98
2022 = 98 x 1,4 = 137,2 (dibulatkan 137)
2023 = 137 x 1,4 = 191,8 (dekat dengan 195 juta)

Soal Nomor 8
Diberikan kalimat-kalimat acak berikut, susunlah menjadi paragraf yang paling koheren dan logis:

  1. Teknologi telah merubah cara manusia berkomunikasi secara drastis.
  2. Dari telepon hingga internet, kemajuan ini memudahkan pertukaran informasi.
  3. Namun, perkembangan teknologi juga membawa tantangan baru.
  4. Salah satu tantangan tersebut adalah meningkatnya risiko keamanan data pribadi.

Susunan yang benar adalah:

A. 1 – 2 – 3 – 4
B. 2 – 1 – 3 – 4
C. 4 – 3 – 2 – 1
D. 3 – 4 – 1 – 2
E. 1 – 3 – 2 – 4

Jawaban: A

Pembahasan:
Paragraf dimulai dengan pernyataan umum (1), diikuti dengan penjelasan (2), kemudian muncul masalah (3), dan detail masalah (4).

Soal Nomor 9
Sebuah kantong berisi 6 bola merah, 4 bola biru, dan 5 bola hijau. Jika dua bola diambil sekaligus tanpa pengembalian, berapa peluang keduanya berwarna merah?

A. 6/15 × 5/14
B. 5/15 × 4/14
C. 6/15 × 4/14
D. 5/15 × 6/14
E. 4/15 × 3/14

Jawaban: A

Pembahasan:
Peluang bola pertama merah = 6/15
Peluang bola kedua merah (setelah satu merah diambil) = 5/14
Peluang kedua bola merah = (6/15) × (5/14).

Soal Nomor 10
Perhatikan premis-premis berikut:
Premis 1: Semua pengajar di universitas adalah profesional.
Premis 2: Beberapa profesional juga adalah penulis buku.
Premis 3: Budi adalah pengajar di universitas.

Kesimpulan yang logis adalah:

A. Budi adalah penulis buku.
B. Budi bukan profesional.
C. Budi adalah profesional.
D. Semua penulis buku adalah pengajar.
E. Tidak ada pengajar yang penulis buku.

Jawaban: C

Pembahasan:
Dari premis 1 dan 3, dapat disimpulkan Budi adalah profesional. Premis 2 tidak menyatakan semua profesional adalah penulis, jadi tidak bisa disimpulkan Budi penulis buku.

Soal Nomor 11
Diberikan dua premis berikut:
Premis 1: Semua siswa yang aktif dalam organisasi memiliki kemampuan leadership yang baik.
Premis 2: Ani tidak memiliki kemampuan leadership yang baik.

Manakah kesimpulan yang paling tepat?

A. Ani aktif dalam organisasi.
B. Ani tidak aktif dalam organisasi.
C. Ani mungkin aktif dalam organisasi.
D. Ani pasti pemimpin organisasi.
E. Ani tidak bersekolah.

Jawaban: B

Pembahasan:
Premis 1 menyatakan semua siswa aktif organisasi pasti punya kemampuan leadership baik. Karena Ani tidak punya kemampuan leadership baik, berarti Ani tidak bisa aktif organisasi.

Soal Nomor 12
Sebuah grafik menunjukkan produksi buah mangga selama lima tahun berturut-turut:
Tahun 2018: 100 ton
Tahun 2019: 120 ton
Tahun 2020: 144 ton
Tahun 2021: 172,8 ton
Tahun 2022: ?

Berdasarkan pola kenaikan produksi tersebut, berapakah produksi buah mangga tahun 2022?

A. 200 ton
B. 207,36 ton
C. 210 ton
D. 220 ton
E. 230 ton

Jawaban: B

Pembahasan:
Produksi meningkat tiap tahun sebesar 20%. Jadi:
2022 = 172,8 × 1,2 = 207,36 ton.

Soal Nomor 13
Kalimat-kalimat berikut acak, susun menjadi paragraf yang koheren dan logis:

  1. Lingkungan yang bersih sangat penting untuk kesehatan masyarakat.
  2. Sampah yang tidak dikelola dengan baik dapat menyebabkan berbagai penyakit.
  3. Oleh karena itu, pengelolaan sampah harus dilakukan secara sistematis dan berkelanjutan.
  4. Pemerintah dan masyarakat harus bekerja sama untuk menjaga kebersihan lingkungan.

Susunan yang benar adalah:

A. 1 – 2 – 3 – 4
B. 2 – 1 – 4 – 3
C. 3 – 4 – 1 – 2
D. 4 – 3 – 2 – 1
E. 1 – 4 – 3 – 2

Jawaban: A

Pembahasan:
Paragraf dimulai dengan pernyataan pentingnya kebersihan (1), dilanjutkan dampak sampah buruk (2), solusi pengelolaan (3), dan penegasan kerja sama (4).

Soal Nomor 14
Dalam sebuah kantong terdapat 10 bola merah dan 15 bola biru. Jika diambil dua bola sekaligus tanpa pengembalian, berapa peluang kedua bola berwarna berbeda?

A. (10/25) × (15/24) + (15/25) × (10/24)
B. (10/25) × (9/24)
C. (15/25) × (14/24)
D. (10/25) × (15/25)
E. (15/25) × (10/24)

Jawaban: A

Pembahasan:
Peluang bola pertama merah, kedua biru: (10/25) × (15/24)
Peluang bola pertama biru, kedua merah: (15/25) × (10/24)
Jumlah kedua peluang itu adalah peluang kedua bola berbeda warna.

Soal Nomor 15
Dari premis berikut:
Premis 1: Beberapa penulis buku juga dosen.
Premis 2: Semua dosen mengajar di universitas.
Premis 3: Sari adalah dosen universitas.

Manakah kesimpulan yang paling logis?

A. Sari adalah penulis buku.
B. Sari pasti penulis buku.
C. Sari mengajar di universitas.
D. Semua penulis buku adalah dosen.
E. Sari bukan dosen.

Jawaban: C

Pembahasan:
Premis 2 dan 3 menyatakan semua dosen mengajar di universitas, dan Sari adalah dosen, jadi dia mengajar di universitas. Tidak bisa dipastikan Sari penulis buku karena premis 1 hanya menyebut “beberapa”.

Soal Nomor 16
Dalam sebuah penelitian, data rata-rata nilai ujian matematika dari 5 kelas adalah sebagai berikut:
Kelas A: 80
Kelas B: 75
Kelas C: 85
Kelas D: 70
Kelas E: 90

Jika jumlah siswa di kelas A, B, C, D, dan E masing-masing 30, 25, 20, 15, dan 10, berapakah nilai rata-rata keseluruhan dari kelima kelas tersebut?

A. 79,5
B. 80
C. 78,4
D. 81,3
E. 77,6

Jawaban: A

Pembahasan:
Rata-rata keseluruhan = (80×30 + 75×25 + 85×20 + 70×15 + 90×10) / (30 + 25 + 20 + 15 + 10)
= (2400 + 1875 + 1700 + 1050 + 900) / 100
= 7925 / 100 = 79,25 (paling dekat 79,5)

Soal Nomor 17
Diberikan dua premis:
Premis 1: Semua mahasiswa yang aktif di organisasi biasanya memiliki kemampuan komunikasi yang baik.
Premis 2: Rina memiliki kemampuan komunikasi yang baik.

Manakah pernyataan berikut yang benar?

A. Rina pasti aktif di organisasi.
B. Rina tidak aktif di organisasi.
C. Rina mungkin aktif di organisasi.
D. Rina tidak memiliki kemampuan komunikasi.
E. Rina bukan mahasiswa.

Jawaban: C

Pembahasan:
Premis 1 hanya menyatakan semua mahasiswa aktif organisasi memiliki kemampuan komunikasi baik, tetapi tidak menyatakan sebaliknya. Jadi Rina mungkin aktif, mungkin tidak.

Soal Nomor 18
Urutkan kalimat berikut agar membentuk paragraf koheren dan logis:

  1. Teknologi terus berkembang dengan pesat.
  2. Hal ini membawa dampak besar pada berbagai aspek kehidupan manusia.
  3. Misalnya, kemajuan teknologi memudahkan akses informasi dan komunikasi.
  4. Oleh karena itu, manusia harus mampu beradaptasi dengan perubahan teknologi.

A. 1-2-3-4
B. 2-1-3-4
C. 1-3-2-4
D. 4-1-3-2
E. 3-1-2-4

Jawaban: A

Pembahasan:
Paragraf dimulai dengan pernyataan umum tentang perkembangan teknologi, dilanjutkan dampaknya, contohnya, dan penutup dengan anjuran adaptasi.

Soal Nomor 19
Sebuah pola bilangan: 3, 6, 12, 24, …
Berapakah angka berikutnya dalam deret tersebut?

A. 30
B. 36
C. 48
D. 42
E. 72

Jawaban: C

Pembahasan:
Setiap angka dikalikan 2 untuk mendapatkan angka berikutnya (3×2=6, 6×2=12, 12×2=24, 24×2=48).

Soal Nomor 20
Dalam sebuah diagram Venn, terdapat himpunan A = {1,2,3,4,5}, B = {4,5,6,7}, dan C = {5,7,8,9}. Berapakah banyaknya anggota himpunan yang termasuk dalam (A ∪ B) ∩ C?

A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
E. 5

Jawaban: B

Pembahasan:
A ∪ B = {1,2,3,4,5,6,7}
(A ∪ B) ∩ C = anggota yang ada di A ∪ B dan juga di C = {5,7} → 2 anggota.

Lengkap! 150+ Soal Tes Masuk Universitas Padjadjaran (UNPAD) dengan Kisi-Kisi dan Pembahasan

Lengkap! 150+ Soal Tes Masuk Universitas Padjadjaran (UNPAD) dengan Kisi-Kisi dan Pembahasan

Ingin memperdalam persiapan tes masuk UNPAD dengan soal dan pembahasan yang lebih lengkap? Kunjungi utbk.or.id sekarang untuk mengakses kumpulan soal resmi dan materi belajar terbaik.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
X
Kategori